Thursday, January 31, 2013

Apa Itu Penyakit Maag dan Apakah Dapat Disembuhkan ???

SAYA terinspirasi membuat atau menyatukan artikel mengenai penyakit Maag ini, karena ketidak tegaan saya melihat kekasih saya selalu mengalami keluhan-keluhan dan merasakan sakitnnya dari penyakit ini, dan sampai-sampai dia harus dirawat ke sebuah rumah sakit. :'( Menyedihkan Bukan???....

Oke CEKIDOT mari kita lihat dengan seksama ^ ^ ,...

Pengertian :
1. Maag adalah gangguan lambung yang banyak diderita di Indonesia, terutama wanita. Rasa kembung, perih, mual dan perasaan ditusuk-tusuk pada bagian lambung dan ulu hati membuat aktivitas terganggu.


2. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang terjadi karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penyebab gangguan ini adalah mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak, stres, pola makan tidak teratur, mengonsumsi alkohol, kurang tidur dan sebagainya.



Jenis maag
Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni :
1. Gastritis Akut
Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya

2. Gastritits Kronis
Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflmasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Penderita maag digolongkan menjadi beberapa bagian sesuai tingkat parah tidaknya maag, ada maag ringan, maag sedang, maag kronis bahkan menyebabkan kanker lambung.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi :
Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
Kanker lambung
Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.



Ciri – Ciri Penyakit Maag
Sakit saat buang air besar
Mual dan muntah
Sering merasa lapar
Perut kembung
Nyeri yang luar biasa di perut
Cara Mengatasi Penyakit Maag Secara Alami


Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag !!!
Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya maag adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Dengan demikian, diharapkan maag tidak mudah kambuh, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas
Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.
2. Minuman Bersoda
Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.
3. Makanan Pedas
Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.
4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung
Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.
5. Beberapa Jenis Karbohidrat
Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.
6. Makanan Yang Sulit Dicerna
Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.


Pengobatan
Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.
Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan didalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.


Obat-obatan yang biasanya digunakan:
Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)

Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)

Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
Simetidin (Mengobati dispepsia)


Untuk mengobati penyakit maag ada beberapa ramuan tradisioanal yang bisa ada coba di antaranya :

Cara 1
Bahannya : – 8 lembar daun Jambu Biji yang masih segar
Cara membuatnya : Direbus dengan 1,5 litere air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakannya : Diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore hari.


Cara 2
Siapkan 2 jari tangan kunyit cuci hingga bersih.
Kunyit diparut dan ditambah air matang.
Diperas melalui kain bersih.
Hasil perasan didiamkan dan diambil air beningnya, atau bisa juga langsung diminum.
Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Cara 3
Siapkan kunyit 2 jari telunjuk sesuaikan saja dengan jumlah kebutuhan
Parut kunyit tersebut.
Masak dengan air 2 Gelas hingga tersisa 1 gelas atau sesuaikan dengan kebutuhan dengan perbandingan 2:1.
Saring dan dinginkan air kunyit tersebut.
Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
lebih baik lagi ditambah dengan madu murni.


Dari keterangan di atas merupakan Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, pengobatan, dan hal yang perlu dihindari, maka bisakah penyakit maag ini disembuhkan?

"Jika maagnya disebabkan oleh fungsional maka bisa disembuhkan dengan mengetahui pemicunya, menghindari dan mendapatkan pengobatan yang tepat," ujar dr Hayatun Nufus, SpPD dari RSCM dalam acara Konferensi Pers Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung di Lapangan Masjid Agung Al-Azhar, Selasa (17/7/2012).

dr Hayatun menuturkan maag sendiri dibagi menjadi 2 yaitu sakit maag fungsional (tidak ada kelainan pada anatomi) dan sakit maag organik (adanya kelainan dalam anatomi seperti luka atau lecet).

Saat ini sebagian besar pasien yang datang tergolong dalam kelompok maag fungsional yaitu hampir 86 persennya. Untuk fungsional ini penyebabnya bisa karena faktor psikis seperti cemas berlebihan, stres, atau akibat pola makan yang tidak sehat misalnya tidak teratur, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, pedas dan merokok.

Maag sendiri merupakan penyakit yang menyerang alat pencernaan terutama lambung, tapi pada beberapa kasus ada yang bisa sampai ke usus maupun kerongkongan. Gejala yang muncul ada rasa tidak nyaman, sakit di ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang dan nafsu makan berkurang.

"Ketahui pemicunya, menghindari pemicunya seperti kurangi stres, pola makan sehat, makan teratur dan mendapatkan pengobatan yang tepat, maka bisa hilang atau tidak ada keluhan lagi," ungkapnya.

Sedangkan jika dikaitkan dengan puasa, maka dengan melakukan puasa pasien maag fungsional akan berkurang keluhannya dan merasa lebih sehat. Ini karena selama puasa pasien pasti akan makan lebih teratur yaitu saat sahur dan buka serta mengurangi camilan.

Namun jika yang dialami adalah maag organik, baik yang akut atau tidak perlu diobati terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter sebelum menentukan apakah boleh berpuasa atau tidak. 


So Kesimpulannya JADI APAKAH PENYAKIT MAAG DAPAT DISEMBUHKAN :
JAWABANNYA BISA !!!!


Dan Oleh karena itulah, saya berusaha menjauhkan sejauh-jauhnya penyakit maag ini dari Kekasih saya, yaitu dengan cara melakukan sebuah PENCEGAHAN dan PENGOBATAN Secara terus menerus, ^ ^....








Sumber : My Artikel, Vemale, Detikhelath, dan Wikipedia ,....

No comments:

Post a Comment